Inilah Saatnya!

Ajang olahraga 2 tahunan se-Asia Tenggara yang akan dimulai 11 November 2011 ini memunculkan dua penilaian di mata saya. Dari sisi penyelenggaraan, jelas sebuah aib karena sampai H-1 beberapa venue belum rampung. Ini gak lepas dari kasus korupsi yang terjadi di masa persiapannya. Euforia pun gagal diciptakan dari jauh hari karena hiasan seperti umbul-umbul maupun pernak-pernik SEA Games lainnya tidak nampak semarak.

Namun dari sisi kesiapan atlet, sudah gak diragukan lagi. Mereka sangat bersungguh-sungguh dan termotivasi karena tampil sebagai tuan rumah. Bahkan kabarnya beberapa atlet, seperti atlet panahan, rela merogoh koceknya untuk mendapat peralatan sendiri karena mereka gak di-support peralatan dari pengurus pusat. Tanda mereka sangat ingin memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

AYO INDONESIA BISA! Jargon yang sering diucapkan untuk menebar pengaruh positif dan meyakini bahwa Indonesia bisa menjadi juara. Tapi berapa besar kans Indonesia untuk menjadi juara umum? Mengingat saat ini negara-negara Asia Tenggara sudah berkembang pesat. Termasuk negara-negara kecil seperti Laos, Brunei Darussalam, atau Timor Leste yang biasanya hanya menjadi penggembira saja.

Memang, Indonesia masih menjadi yang terbaik karena sudah 11 kali berhasil menyabet juara umum. Terbanyak diantara negara peserta lain. Tapi itu pun terakhir kita raih pada SEA Games 1997 yang penyelenggaraannya di Jakarta. Terhitung, Indonesia belum pernah juara lagi selama 6 penyelenggaraan terakhir. Bagaimana untuk menatap jauh ke ajang yang lebih besar seperti Asian Games atau Olimpiade kalau di SEA Games saja prestasi kita menurun?

Tapi bagaimanapun, sebagai warga Indonesia kita harus optimis. Statusnya sebagai tuan rumah akan membuat para atlet berjuang mati-matian. Semoga persiapan yang mereka lakukan dapat menuai hasil maksimal dan positif. Berharap kita tidak kehilangan medali di cabang-cabang yang memang sering menjadi lumbung emas seperti bulutangkis, angkat besi, lari, dan beberapa lainnya. Inilah saatnya, AYO INDONESIA BISA!

Tidak ada komentar: