Harapan Itu Ada di Garuda Muda

Mimpi Indonesia untuk berlaga di Piala Dunia 2014 kandas sudah. Gelontoran empat gol Qatar ke gawang Hendro Kartiko di Doha (11/11) memupus harapan anak-anak asuh Wim Rijsbergen. Untuk saat ini, Indonesia memang belum mampu tampil apik di level Asia.

Beberapa jam sebelum pertandingan timnas Indonesia senior, Garuda Muda mampu mengalahkan Singapura di ajang SEA Games 2011 dengan dua gol tanpa balas. Otomatis semua menaruh ekspektasi tinggi kepada timnas U-23 untuk membangkitkan prestasi Indonesia di cabang sepakbola.

Di laga yang berlangsung keras melawan Singapura, Indonesia berhasil unggul cepat di menit pertama lewat aksi Patrich Wanggai setelah menerima sodoran dari Tibo. kehilangan satu pemain di pertengahan babak pertama akibat kartu merah, Singapura kembali kebobolan. Giliran Tibo yang menjebol gawang The Young Lions dan mengubah kedudukan menjadi 0-2. Skor tersebut bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Dua hari berselang (13/11), giliran Thailand yang menantang timnas Indonesia. Bertanding di lapangan yang kurang mulus akibat diguyur hujan, tim Gajah Putih Muda terpaksa bermain dengan 9 orang pemain karena 2 pemainnya diganjar kartu merah. Indonesia mampu memanfaatkan keadaan ini dan menang 3-1 lewat gol Tibo, Patrich, dan Sinaga. Kemenangan ini sekaligus menyingkirkan tim sepakbola Thailand dari event SEA Games 2011.

Duo Papua lambungkan timnas Indonesia (pic via: bola.net)

Performa yang timnas Indonesia U-23 perlihatkan cukup membuat kita girang. Memang masih ada beberapa kesalahan elementer, dan juga mereka masih 'hanya' bertarung di level Asia Tenggara. Tapi setidaknya harapan untuk berbicara banyak di pentas sepakbola Internasional itu ada.

Tentunya momen ini betul-betul harus dipelihara sebaik mungkin agar tidak hanya menjadi euforia sesaat. Seperti halnya ketika Piala Asia 2007 dan Piala AFF 2010 lalu. Timnas begitu dielu-elukan ketika bermain luar biasa, namun setelah itu performanya memble lagi. Kami percaya, jika konsisten seperti ini, Rahmad Darmawan dan juga anak asuhnya mampu memberikan emas SEA Games pertama dalam 10 tahun terakhir. Ayo Indonesia Bisa!



3 komentar:

alex mengatakan...

Semoga Rahmat Darmawan bisa membawa Garuda terbang makin tinggi.

Punya.Tia mengatakan...

memang.... lebih bagus u23nya drpd tim seniornya.. lebih greget..
hehhe


salam,

Stylish Generation

Iva mengatakan...

ayo maju terus garuda muda...