London Menyambut Olimpiade 2012

Olimpiade 2012 akan berlangsung sebentar lagi, terhitung mulai tanggal 27 Juli - 12 Agustus 2012. Tapi gaungnya sedikit kurang meriah mengingat saat ini euforia masyarakat luas tertuju pada Euro 2012. Bahkan warga London, yang notabene sebagai tuan rumah Olimpiade kali ini pun tidak terlalu antusias. Wah kok gitu?

Menurut tayangan video dari VOA berjudul "Warga London Tidak Antusias Menyambut Olimpiade" (09/06), besarnya biaya yang dikeluarkan menjadi salah satu alasan sebagian masyarakat London tidak menyukai Olimpiade ini. Mereka menganggap bahwa uang-uang yang dipakai untuk event tersebut seharusnya bisa digunakan untuk hal-hal lainnya. Ada pula yang mengatakan kalau kota London sudah cukup sibuk selama ini, apalagi jika Olimpiade diselenggarakan. Tidak bisa terbayangkan ramainya ibukota Inggris tersebut.

Yang juga tidak menarik minat adalah maskot yang terlihat konyol dan merchandise Olimpiade 2012 itu sendiri. Terbatasnya tempat-tempat penjualan membuat merchandise sulit dicari. Pihak penyelenggara memang sengaja menjual merchandise official di toko-toko yang memiliki lisensi resmi. Tapi memang ada baiknya, karena distribusi barang jadi terkontrol dan lebih selektif. Kalau dijual bebas mungkin saja nanti akan ada merchandise palsu yang kualitasnya buruk. Tentu akan mengecewakan konsumen.

Wenlock dan Mandeville, maskot Olimpiade London 2012

Tapi di sisi lain tentunya banyak juga kok warga London yang antusias dan tak sabar menunggu Olimpiade 2012. Mereka bangga bahwa kotanya bisa menyelenggarakan event olahraga terbesar ini. "Saya akan mengatakan 'Saya ada di London saat Olimpiade diselenggarakan'", kata salah seorang warga. Tentu saja kota ini akan memiliki atmosfer luar biasa dan akan terasa beda dengan London di hari-hari biasa.

Karena event ini positif, gak ada salahnya warga mendukung penuh terselenggaranya Olimpiade 2012. Apalagi saat event berlangsung, pasti banyak warga dari pelosok dunia akan menginvasi kota London. Sebagai tuan rumah mereka harus menjadi panutan dan contoh untuk warga negara lain bagaimana cara menyambut dan memperlakukan tamu dengan baik dan ramah.

Tidak lupa, kita juga sebagai warga negara Indonesia harus mendukung perjuangan atlet-atlet kita di Olimpiade nanti. Semoga mereka mampu mempersembahkan yang terbaik dan mengharumkan negeri ini.

(sumber gambar via london2012.com: Newcastle and Gateshead - Wenlock & Mandeville)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

lucu juga
harusnya sebagai tuan rumah bangga dan antusias ya menyambut Olimpiade

Hapis mengatakan...

@ anonim: Nah, itu dia. tapi seperti apa yang ada di postingan di atas, atmosfer olimpiade akan beda dari hari-hari biasa. pasti warga sana bisa antusias dengan event tersebut.