"Foto ID Card Selalu Jelek"


Tanggal 18 November 2012, gua genap berusia 20 tahun. 20 adalah tanda sudah dewasa dan 20 adalah nomor punggung Robin van Persie di Manchester United *yaterus?*.  Eh, pada doain gua dong supaya di usia gua yang segini ibadahnya tambah rajin. Okeh? Aamiin!
Sampe tahun ke 20 ini gua belom pernah nyoblos buat milih kepala daerah. Karena gua dapet KTP di waktu yang emang lagi ga ada pemilu. Mungkin tahun depan, pilgub Jawa Barat adalah debut gua untuk ikut pemilu. Ceileh.

Eniwei, ngomongin KTP, kalian pada tau ga sih sering ada yang bilang, ‘foto idcard itu selalu jelek’? Dan gua merasa benar demikian adanya. Atau mungkin kalian semua juga merasa gitu? Hahaha. Sekarang gua cuma punya tiga idcard yang ada fotonya. KTP, KTM, dan paspor. Gua akan beberkan foto-foto idcard-nya.
KTP
Gua adalah orang yang males ngurus hal-hal administratif kenegaraan. Stereotip bahwa kalo urus yang beginian itu bakal dipersulit, melekat di pikiran gua. Tapi karena penting buat identitas, maka akhirnya dengan terpaksa baru urus KTP pas usia 18 tahun. Gua pikir foto di KTP itu udah bisa kita siapin sendiri, makanya gua bawa pas foto dari rumah yang gua rasa itu foto paling oh yeah. Ternyata ga bisa, kita harus foto langsung di situ. Dengan cuma pake kaos biasa dan muka alakadarnya, dijepretlah gua di situ.

Culun!
Pas 18 November kemarin, hari Ahad, gua kebetulan lagi ada di Bogor yang lagi rame sama E-KTP. Jadinya gua pun berniat sekalian bikin E-KTP yang katanya lebih keren. Tapi di hari itu gua niat emang cuma sebatas niat. Baru dilaksanain hari Senin. Malangnya, di hari itu sistem kerja buat bikin E-KTP kena gangguan. Entah gangguan pencernaan, gangguan jiwa, atau gangguan kehamilan dan janin. Ternyata gangguannya seharian, dan membuat gua gagal bikin E-KTP karena keesokan harinya gua udah mesti balik ke Jatinangor.

PASPOR
Paspor ini gua buat mendadak dan menyesak. Ceritanya gua ikutan kuis yang hadiahnya jalan-jalan ke Singapura untuk nonton Harry Potter. Sejujurnya gua hanya ngincer Singapura-nya, bukan Harry Potter-nya. Dengan cara yang ga terlalu rumit, dan mengandalkan blog, maka gua excited dan niat sekali, sampe dubbing video segala. Masih ada kok postingannya di sini.

Beberapa hari jelang pengumuman, gua di DM sama yang kasih kuis, dan ditanya apakah gua punya paspor yang masih aktif? JRENG! Di saat itu gua merasa satu kaki gua udah melangkah ke Singapura. Tapi karena belum punya paspor, dua hari menjelang pengumuman gua pun langsung bikin. Saat itu gua rela ditinggal keluarga pergi ke Bandung demi ngurus paspor. Lagi-lagi tanpa persiapan gua ke kantor imigrasi cuma pake sendal dan kaos. Berkat bantuan tetangga yang kerja di situ, gua dipinjemin kemeja, dan proses bikinnya cepet. Gua langsung dapet nomor id paspor, meskipun saat itu buku-nya belum bisa diambil.

Kucel!
Singkat cerita, diumumkanlah lewat note facebook yang berisi nama-nama pemenang beserta blog-nya. Setelah dilihat, diperiksa, dan dirunut satu-persatu akhirnya dapat dipastikan bahwa gua gagal. Abis itu gua pun dengan ikhlas menerima sindiran dari kakak dan adek. Dan si paspor pun harus ikhlas karena sampe sekarang belom pernah dipake.

KTM

Hmmm.. Ga ada kisah pilu dibalik pembuatan kartu mahasiswa ini. Cuma, waktu difoto menggunakan jas kebesaran Unpad, gua kebagian jas yang kebesaran dalam arti sebenarnya.

Yaudah, gitu aja sih sebenernya. Buat yang mau bikin kartu identitas apapun, persiapkanlah diri Anda sebaik-baiknya sebelum menyesal!

Tidak ada komentar: