Aki Sok Tau

Hari Senin (25/08), adalah hari yang kurang menyenangkan. Bayangkan sodara-sodara, bayangkan.. bayangkan...!!
maaf, agak emosi. Bayangin ajah yah, kalo pas anda lagi nyasar ke tempat yang belum pernah didatangi, tiba-tiba ada seonggok aki-aki yang ngebegoin. Itulah yang gue alami.

Gue berniat mau nonton Persib latihan di Sidolig Jl. Ahmad Yani Bandung. Sore sehabis sholat ashar gue langsung aja nyari angkot Riung-Dago. Sepanjang perjalanan gue udah berharap gak nyasar. Tapi alhamdulillah sampe juga di Std. Sidolig Persib. Langsung aja tanpa basa-basi gue masuk stadion buat nonton latihannya Cabanas dkk. Eh ternyata latihannya udah hampir selesai. Dan gak sempet foto-foto ama pemain PERSIB pula. *sigh*

Waktu berlalu, gak kerasa udah masuk waktu Maghrib. Sebelum nyari angkot, gue nyari mesjid yang deket situ dulu buat sholat (yamasa buat tidur). Selesai sholat gue gak berniat ke mana-mana, pokoknya pulang. Di sinilah gue agak merasa dodol. Secara barusan gue naik angkot dari arah Dago, sudah semestinya gue pulang naik angkot yang ke arah Dago itu. Lah ini gue malah naik angkot yang ke arah Riung sana (gue juga belom tau Riung itu di mana). Tapi itu baru disadari saat sudah 1/4 perjalanan. Parahnya, pada saat genting itu gue masih mikir-mikir dulu. Mau turun langsung, atau enggak. Barulah pas udah mikir seLama 10 menit, hanya dua kata yang bisa gw ucapkan, "KIRI BANG!".

Kedodolan itu kembali berlanjut. Sebenernya bukan gue yang dodol melainkan seorang aki-aki berumur + 60an. Dikarenakan gue sama sekali gak tau daerah itu, maka satu-satunya cara yaitu bertanya. Kata pepatah, 'malu bertanya sesat di jalan'. Lain lagi kata si Ifan temen SMP gue, 'Malu ke WC modol di jalan'. errr... whatever.

Saat itulah gue mendekati sesosok aki-aki yang memegang peluit. Entah tukang parkir atau wasit Liga Indonesia, gue pun tidak tahu. mulailah terjadi dialog antar generasi yang sayang untuk anda lewatkan.

Haviz Ganteng: Pak, kalo mau ke Dago ke arah mana yah? (sambil liat-liat angkot)
Aki Sok Tau : Oh, ke Dago? ntar juga ada angkot lewat sini. (Berlagak sok tau)
Haviz Ganteng: Oh, lewat sini juga ada yah?
Aki Sok Tau : Ia dek, saya udah lama di sini. Jadi tenang ajah, ntar saya stopin angkotnya. (tambah belagu aja ngomongnya)

Kemudian ada satu angkot Riung-Dago yang agak penuh datang. Dengan mata berbinar gue yakin itulah angkot yang dimaksud. Tapi karena si aki gak nyetopin, gue inisiatif buat nyetopin sendiri. Pas angkot berhenti, dan gue udah mau naik, eeh, malahan aki itu langsung bilang, "Bukan yang itu dek! Bukan." sambil nyuruh angkotnya jalan lagi. Gue bingung, gue heran, gue mules, gue mirip Nicholas Saputra. Dan terjadilah dialog yang sebenernya gak penting.

Haviz Ganteng : Loh, bukan yang itu, pak? (mulai dehidrasi dan masih yakin bahwa itu angkot yang seharusnya)
Aki Sok Tau : Bukan. Adek jangan sok tau. Mau ke Dago kan? ntar saya yang nyetopin. (intonasinya menunjukkan bahwa dia kesel)

Tanpa diduga aki itu nyetopin angkot ijo jurusan Ledeng. 'Bang, dieu (sini) bang!'
'Tuh dek, sana naik.' si aki nyuruh.
gue yang bingung banget mau ajah disuruh. Gue berpikir mungkin pake angkot itu juga bisa. Tapi dalem hati ada rasa gak yakin. Daripada nyasar lagi, gue tanya dulu ajah sopirnya.
'Bang, ke Dago?'.
'Bukan dek, ieu mah ka Ledeng.' kata sopir itu.

JELEGER!! Dung.. Dung.. Tak..

Dengan muka-merah-menahan-emosi-tapi-masih-tetap-terlihat-ganteng, gue hampiri lagi itu aki yang masih ngejogrok di tempat tadi.

Haviz Ganteng : Itu mah ke Ledeng pak! (mulut berbusa)
Aki Sok Tau : Emang adek mau kemana? (dengan tampang innocent)
Haviz Ganteng : DAGO pak, DAGO! (sambil mikir, aki ini enaknya dijitak atau enggak)
Aki Sok Tau : Oh ke Dago! bilang dong. Padahal dari tadi lewat sini angkotnya! (Kalian pasti mempunyai perasaan yang sama dengan gue setelah mendengar kalimat Aki yang ini)
Haviz Ganteng : Errr.... Iya pak terimakasih. (niat mau manggil Ryan buat mutilasi ni aki gak jadi. Takut dosa.)

Sudah sekitar pukul 8 lewat, akhirnya angkot Riung-Dago muncul (lagi). Gue naik tentunya, dan tak lupa pula memberi ucapan terimakasih dengan tidak ikhlas kepada aki itu.
Haviz Ganteng : Makasih pak! (bah, sumpah gue gak niat ngomongnya euy)
Aki Sok Tau : Sama-sama. itu mah udah jadi kewajiban sayah dek.

Kewajiban membuat orang lain nyasaaaaar?! DEZZIGGHH!!

Tidak ada komentar: