Indahnya Akhlak Presiden Iran

Oke kawan, kali ini postingannya serius. Posting ini diambil dari blog Mas Satria Wibawa (http://bangbowo-tulisanku.blogspot.com/). Berisi tentang kesederhanaan Presiden Iran saat ini yaitu Mahmoud Ahmadinejad. Mengapa kok saya jadi waras dikit sampai mau memposting berita ini? Ya, karena inilah sebuah realita yang patut ditiru oleh pemimpin manapun.

Mahmoud Ahmadinejad, ketika di wawancara oleh TV Fox (AS) soal kehidupan pribadinya:
Saat anda melihat di cermin setiap pagi, apa yang anda katakan pada diri anda?
Jawabnya: "Saya melihat orang di cermin itu dan mengatakan padanya:"Ingat, kau tak lebih dari seorang pelayan, hari di depanmu penuh dengan tanggung jawab yang berat, yaitu melayani bangsa Iran ".

Berikut adalah gambaran Ahmadinejad, yang membuat orang ternganga:

1. Saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan, ia menyumbangkan seluruh karpet Istana Iran yang sangat tinggi nilainya itu kepada masjid-masjid di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.

2. Ia mengamati bahwa ada ruangan yang sangat besar untuk menerima dan menghormati tamu VIP, lalu ia memerintahkan untuk menutup ruang tersebut dan menanyakan pada protokoler untuk menggantinya dengan ruangan biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihat impresive3. Di banyak kesempatan ia bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya.

4. Di bawah kepemimpinannya, saat ia meminta menteri-menterinya untuk datang kepadanya dan menteri-menteri tersebut akan menerima sebuah dokumen yang ditandatangani yang berisikan arahan-arahan darinya, arahan tersebut terutama sekali menekankan para menteri-menterinya untuk tetap hidup sederhana dan disebutkan bahwa rekening pribadi maupun kerabat dekatnya akan diawasi, sehingga pada saat menteri-menteri tsb berakhir masa jabatannya dapat meninggalkan kantornya dengan kepala tegak.

5. Langkah pertamanya adalah ia mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977, sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran. Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu2nya uang masuk adalah uang gaji bulanannya.

6. Gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$ 250.

7. Sebagai tambahan informasi, Presiden masih tinggal di rumahnya. Hanya itulah yang dimilikinya. Seorang presiden dari negara yang penting baik secara strategis, ekonomis, politis, belum lagi secara minyak dan pertahanan. Bahkan ia tidak mengambil gajinya, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya.

8. Satu hal yang membuat kagum staf kepresidenan adalah tas yg selalu dibawa sang presiden tiap hari selalu berisikan sarapan; roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan gembira, ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden.


9. Hal lain yang ia ubah adalah kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan, ia mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat dan untuk dirinya, ia meminta terbang dengan pesawat terbang biasa dengan kelas ekonomi.

10. Ia kerap mengadakan rapat dengan menteri2 nya untuk mendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sdh dilakukan, dan ia memotong protokoler istana sehingga menteri2 nya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan. Ia juga menghentikan kebiasaan upacara2 seperti karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi, atau hal2 spt itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya.

11. Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yg tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut. Apakah perilaku tersebut merendahkan posisi presiden?Presiden Iran tidur di ruang tamu rumahnya sesudah lepas dari pengawal2nya yg selalu mengikuti kemanapun ia pergi. Menurut koran Wifaq, foto2 yg diambil oleh adiknya tersebut, kemudian dipublikasikan oleh media masa di seluruh dunia, termasuk amerika.


12. Sepanjang sholat, anda dapat melihat bahwa ia tidak harus selalu duduk di baris paling muka.



13. Bahkan ketika suara azan berkumandang, ia langsung mengerjakan sholat dimanapun ia berada meskipun hanya beralaskan karpet biasa.


14. Ia juga tidak mau bersalaman dengan wanita yang bukan muhrimnya, cukup menundukan kepala sebagai rasa hormat.


Mudah-mudahan di pemilu yang akan datang kita akan memiliki Presiden seperti itu…

Tinggalkan pesan untuk akhlaq yang jarang kita jumpai di indonesia sebagai bentuk harapan kita untuk dapat menemukan pemimpin yang bijaksana.

6 komentar:

Tulisanku mengatakan...

aslmkm...
mas makasih sebelumnya..
wah gak ada kata2 yang bisa aku ucapin lagi nie selain makasih bangat dah posting artikel yang ada di blog ku...sekali lagi makasih mas? saling bantu ya mas...

brigadista mengatakan...

waah, saya yakin dia presiden kebanggaan iran, dimata dan di hati...!!!

adealfay mengatakan...

duhh.. saya terkesan banget dengan kesederhanaan seorang presiden Iran ini...
kalo semua orang di dunia seperti beliau pasti dunia terasa damai dan adem ...
tapi mungkin ga seeehhh... :(

kiaradaprins mengatakan...

wah...
presiden Iran tu keren y
dy presiden tp g mw d layani secra khusus
bner" LELAKI HEBAT tu presiden
hha

kiaradaprins mengatakan...

hha klo abang" seventeen jd presinden, sluruh rakyat indonesia d ajarin nyanyi dunk viz
wkwkwkwkwk

Lina mengatakan...

subhanALLAH......
telah menciptakan seorang seperti itu.....
bener2 takjub melihat orang seperti itu.......
andai orang indonesia seperti itu....
pasti indonesia akan damai,tentram aman sentosa.... amin...